banner

Saturday, December 10, 2011

Bekpek2an ke Bali - Part 1

Sebelum turun dari kapal, gw dan beberapa temen udah bikin rencana bakal ke Bali bareng. Jadi ga nunggu sampe seminggu di rumah, kami (berlima) berangkat ke Bali. Kali ini gw kasih nama bekpek2an karena kayaknya kami ga murni ber-backpack-an. Ada temen yang bawa koper. Wkwkwk.... Trus kesan nya agak ga serius, karena emang jalan ke sana tanpa rencana yang jelas. Bahkan saat hari rencana keberangkatan nya saja cara ke Bali masih ga jelas 100%. Yang jelas hanya kami harus sampai di Bali tgl 21 sore, karena sudah janji menemani teman (sekaligus bos) dari Jepang.

Rencana awal Sabtu, 19 November 2011 pagi, kami berangkat ke Bali. Dari Jakarta ke Surabaya naik kereta ekonomi (kan ceritanya backpack), tapi pas gw sampai di Stasiun Kota, tiket abis sampe seminggu kedepan. Gw ke Gambir, ngantri setengah jam, tetep ga kebagian tiket eksekutip. Jadinya gw cari alternatip laen ke Bali. Setelah berunding dengan teman2 yang laen akhirnya diputuskan berangkat naek pesawat. Beuh... budget transport naek gila-gilaan.... Kami dapat tiket buat ber5 hari Minggu 20 Nov seharga 521rb per orang.



Sampe sejauh ini, ga ada poto yang gw ambil. Abis males ah poto2 d kereta. Eh, ngomong2 soal kereta, gw baru tahu sekarang nama jasanya Commuter Line yang mengharuskan penumpang beli tiket seharga 6rb lalu naek kereta berAC yang pintu nya selalu ketutup pas jalan, trus ada gerbong khusus buat wanita di gerbong pertama. Wow... 6 bulan ninggalin Jakarta, udah ada perubahan nih KAI. Yah, walo masih banyak kekurangan, udah mendingan lah mau melakukan perubahan. Jangan mau kalah sama transportasi masal nya negara tetangga.

Ok, lanjut lagi tanggal 20 siang gw nyampe terminal 1A kecepetan. Sambil ngabisin waktu, gw moto2 suasana terminal keberangkatan nya penerbangan Lion Air.

Walaupun Soekarno-Hatta udah punya Terminal 3 yang futuristik, gw tetep suka bangunan Terminal 1 yang keknya Indonesia banget.

Seperti yang gw bilang sebelumnya, jalan2 ke Bali ini ga ada rencana yang mateng. Sesampainya di Ngurah Rai, kami belom tahu mo nginep di mana. Yang kami tahu hanya Poppies Lane 2 pasti banyak penginapan. Lalu gw telepon beberapa nomer yang emang udah gw siapin hasil ngubek2 Kaskus Travel, dan memutuskan untuk cabut ke Cempaka 2 yang biaya per kamar non AC nya 100rb.

Sebagai informasi buat temen-temen yang lom tahu (yang udah tahu ya udah ga usah sewot kalo gw salah kasih info), Poppies Lane ini jalan sempit yang menghubungkan Jln. Legian yang ramai oleh tempat dugem (yang ada Monumen Bom Bali) dengan Pantai Kuta (nama jalan nya kalo ga salah Kuta Theater). Jadi nginep di sini strategis banget menurut gw. Kemana aja ke tempat hangout deket....

Abis naro barang2 di tempat penginapan, kami kelaparan. Maklum, di pesawat kami ga dikasih makan padahal udah delay 2-3 jam. Pas gw ngabarin bokap kalo pesawat delay, bokap bales bbm gw begini: "Biasa Lion Air...". Hahaha... gubraks... Baru tahu gw kalo delay itu hal wajar di penerbangan domestik Indonesia. Bokap pasti sering nih ngalamin kek gini.
Yaaaa, karena kami laper, kami cari makan di sekitar pantai Kuta, tetapi sebagian besar udah tutup. Setelah berjalan 30menitan, pantat kami mendarat juga di kursi plastik warna biru yang di meja sebelah ada segerombolan bocah-bocah Jepang ditemani guide Bli Bali yang faseh ngobrol Nihongo. (Jiper kalo dengerin guide2 ini ngomong Jepang... lancar banget.... salut :beer)

Komentar gw tentang makanan di sini adalah MAHAL. Hehe....


Selesai makan di samping kumpulan orang Jepang yang ga ada cewe2nya, kami bubar melanjutkan aktifitas masing2. Sementara yang laen tidur, gw jalan2 bentar dulu ke Legian sebelum tidur.

Besoknya, kami menyewa motor di penginapan Cempaka 2. Harganya 50rb per motor per 12jam. Setelah quick breakfast yang disediakan, kami berdiskusi merencanakan kegiatan kami hari ini. Pertama-tama kuliner dulu. Dari beberapa calon yang ada, ditetapkanlah Ayam Betutu yang ada di Jln Raya Tuban. Setelah itu kami berencana ke Pura Ulu Watu yang berada di Selatan. Sebenernya agak ga yakin kami bisa ke sana, karena jika dilihat dari peta yang ada, sepertinya tempat ini jauh sekali. Tapi kami sudah memutuskan! Tidak ada yang bisa mencegah kami mencapai tujuan... wkwkwk... ga jelas emang..

Ini peta lokasi ke Pura di Ulu Watu (kalo ga salah... hehe...)

View Larger

Setelah sekali salah jalan, akhirnya kami sampai juga di Rumah Makan Ayam Betutu rekomendasi tante salah satu teman kami. Yup, untuk urusan wisata kuliner, gw minta temen kami yang satu2nya cewe dalam rombongan buat cari2 info ttg makanan di Bali.

Di sini kami memesan 1.25 potong Ayam Betutu, Nasi Bali, 1 porsi Kangkung dan 1 porsi sayur nangka.
Komentar kami: "Enak....." Kami membayar hampir 200rb untuk semua makanan termasuk minuman teh, jeruk dan soda susu. Oh iya, yang melayani kami namanya Bli Okta.

Selesai makan siang, kami mencoba peruntungan kami melewati jalanan di Bali Selatan dengan terik matahari yang menyengat (ga heran pulang dari Bali, kulit kami menghitam) menuju Pura Ulu Watu di tebing laut yang terkenal dengan pemandangan matahari Terbenam terbaik di Bali.

Tanpa kesulitan berarti kami sampai di Pura Ulu Watu dalam waktu kurang dari 1 jam. Beneran, panas banget.
Untuk masuk ke dalam, kami harus membayar 10rb per orang. Biaya ini sudah termasuk biaya sewa kain dan selendang untuk diikat di pinggang.

Hati-hati, di sini banyak sekali monyet yang agresif menyerang atau mengambil barang yang kita bawa. Salah satu teman gw yang memiliki badan paling besar (D) dalam rombongan aja, kaga berkutik melawan monyet kecil seperti gambar di bawah. Akhirnya dia harus merelakan minuman botolnya direbut monyet.
Sesuai dengan tulisan-tulisan yang ada di internet, tempat ini memang indah.
Banyak pasangan yang mengabadikan gambar mereka di tempat ini.
Ga cuma pasangan sih, temen2 yang jomblo juga seneng.



Gw doang yang ga ada potonya... abis ga ada temen yang nawarin diri mo poto gw.... hehe.... #curhat colongan

Tuh kan pasangan lagi.... Dipoto dari belakang, kesan nya gimana gitu ya.... (mhm.. kesan nya gw lagi membuntuti mereka... hahaha... untung ga diteriakin: "Stalker!!!!")

Karena panas banget, kami setuju buat ngaso dulu menunggu cuaca sedikit bersahabat buat kulit mulus kami.
Kelapa di sini, 1 buahnya 15rb, tapi ditawar oleh teman kami yang badanya paling gede jadi 10rb per buah. Hehehe....
Lagi2, tidak ada poto saya minum-makan buah kelapa. :)

Setelah intensitas cahaya matahari sedikit melemah, kami melanjutkan hal yang telah kami mulai beberapa jam sebelumnya. (Sebenernya kami diusir dengan sopan oleh penjual kelapa karena kami terlalu lama nongkrong di sana.)

Makin sore, makin banyak pengunjung yang datang. Mereka pasti ingin melihat Sunset. Katanya di sini juga pengunjung bisa melihat pementasan tari Kecak setelah matahari terbenam.

Cewe satu-satunya dalam rombongan (W)
Salah satu teman dengan perawakan paling kecil (A) ingin menggandeng tangan W diam2
Hahaha... Ketahuan... A terlihat bahagia dirangkul W

Akhirnya ada poto saya.... wkwkwk....
Ada pasangan minta dipotoin, gw ikutan juga moto pake kamera sendiri.
Ngeri banget nih... jangan sampe jatuh...!!
Kaos kaki bolong... hehe...
Lagi2, potoin pasangan diem2....
Yang ini ga diem2... hehe... makin akrab ya mereka....



Tempat ini rupanya terkenal juga oleh wisatawan luar. Seperti poto di bawah ini orang India kayaknya seneng banget jalan2 ke sini. Selain India, gw juga sempet ngeliat orang Korea, Jepang dan bule2 mungkin dari Eropa.
Setelah muter2 lama, kami kelelahan. Lihat saja salah satu temen gw yang pake behel (R) di bawah ini. Mukanya udah kusut banget. (Perhatikan topinya)
Si A juga udah kecapean keknya.
Matahari masih terik........




Kami berkumpul untuk rapat sejenak. Hasil rapat adalah: kami harus segera pulang, karena harus menjemput kawan dari Jepang, yang rencananya datang malam ini. (Perhatikan R masih pegang2 topi nya)
Akhirnya, tanpa sempat melihat sunset yang terkenal dan tarian kecak yang katanya bayar lagi, kami pulang.
Sebelum pulang, poto2 tetep...
Banyak orang sudah siap2 mencari spot terbaik untuk melihat sunset.
Pas jalan pulang, topinya R dijambret sama monyet. Wkwkwk... hebat banget nih monyet, padahal R megangin topinya molo.. Sepertinya pencuri lebih cocok diberi julukan tangan monyet ketimbang tangan panjang. Eh, tapi emang tangan nya monyet panjang sih... mhm... ah sudah lah, apa aja boleh.

Nah, lalu bagaimana R bisa mendapatkan kembali topinya? Oma di bawah ini adalah negosiatornya. Berbekal buah-buahan, sang monyet mau melepaskan topi R. Tapi R tidak bisa langsung mendapatkan topinya. Dia harus membayar 10rb agar Oma mau menyerahkan topi. Wkwkwk.... gw jadi curiga, jangan2 ini monyet piaraan nya oma itu... hehe...

Selesai dari Ulu Watu, kami berniat mampir sebentar ke GWK (Garuda Wisnu Kencana), tapi kerena ongkos masuknya mahal (25rb per orang), niat kami luntur. Kami hanya berpoto sebentar di dekat lokasi.

Kami juga mampir sebentar ke Pantai Jimbaran. Karena tidak ada waktu, tidak sampai 5 menit, kami cabut.
Akhirnya sampai juga di lokasi tepat pada waktunya. Lokasi pertemuan kami dengan kawan dari negeri Matahari terbit adalah monumen Bom Bali di Legian. Selesai menjemputnya, kami makan malam di Nasi Pecel Bu Tinuk yang berlokasi di Jalan Raya Kuta-Tuban.
Sama seperti makan siang tadi, lokasi ini juga rekomendasi tantenya W.
Makanannya enak, tidak terlalu mahal dan pedasnya sangat pedas. Lihat saja tampang ga enak A di bawah ini. Bukan makanannya yang tidak enak ya....
Selesai makan, kami masih di tempat makan ini setidaknya sampai pertandingan Final Sepak Bola Sea Games antara Indonesia dan Malaysia babak pertama selesai.

Seperti kita tahu, pertandingan berakhir dengan kemenangan Malaysia... Sayang sekali.... :(

Tapi, cerita bekpek2-an kami belum berakhir. Masih ada part 2 nya. Jangan bosen bacanya ya...


bersambung entah kapan....

Perhatian:
tidak semua cerita di postingan ini benar2 terjadi, ada juga rekayasa untuk menghibur. Jika ada yang tersinggung, mohon bersabar dan segera kontak gw secepatnya, mungkin bisa gw edit...

1 comment:

  1. Pedes gila tuh ayam betutu..
    Btw, mana part 2 nya?
    we want more !! we want more !!

    ReplyDelete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...