banner

Friday, April 20, 2012

Keliling Dunia ke-5: Villefranche, Perancis

Berselang semalam sejak meninggalkan Barcelona, kami tiba di Marseille, Perancis pagi hari. Di sini masih dingin, dan diperparah dengan angin yang cukup kencang... Gw sempat menjadi saksi mata teman kerjar2an ala India dengan peta kota yang tertiup angin. Reaksi gw saat itu: tertawa dalam hati sekeras2nya... hahaha.. karena takut dilempar sepatu. Tapi berselang beberapa waktu, gw juga jadi korban kejar2an dengan kertas. Well, sebenarnya bukan kertas gw yang diterbangin angin, tapi gw mencoba jadi pahlawan kesiangan menyelamatkan kertas2 yang kabur dari file milik cewe Perancis.. wkwkwk.. kapan lagi nolongin cewe bule Perancis.
Mhm... sepertinya cuma itu aja cerita dari Marseille kali ini. Haha.. soalnya seperti judul, kota yang mau gw ceritain adalah Villefranche-sur-mer. Di Marseille lagi2 karena waktu cuma dikit, gw ga ke kotanya. Apa yang gw lakukan? Gw ceritain dikit deh sebelum gw cerita-cerita dan berbagi poto ttg kota lain.

Di Marseille (baca: marseiyu), gw ke Seaman Club dengan tujuan utama tuker duit euro. Di sini rate nya cukup mendingan lah walo ga bisa dibilang gede. Seinget gw USD100 bisa dapet 70 Euro. Hiks2... kecil yah... Tapi percaya deh di cruise kali ini, ini rate terbesar kedua setelah Piraeus di Yunani. Di tempat lain bisa lebih kecil. Oiya, di sini juga tiap kru cuma diperbolehkan nuker USD50. Jadi gw minta tolong temen gw buat nukerin sisa USD50 buat gw. hehe...

Selain tempat tuker duit, di seaman club sini ada internet gratis, kartu telepon kaga gratis, warung snack, sedikit souvenir dan maenan seperti fusball dan biliar.

Misi nuker duit kelar, gw balik ke kapal, tapi sebelumnya mampir ke tukang cinderamata yang ada di depan kapal. Mampir doang kaga beli apa2 selain kartu pos dan coklat setoples kecil buat ponakan. Mahal2 loh di sini...

Nah, coklat setoples kecil di atas kanan seperti itu tuh yang gw beli. Sekecil itu harganya 5 Euro. Eh bukan, yang dipoto itu 3 Euro. Yang gw beli yang gedean dikit, keknya kurang jelas yang di poto. Pokoknya gambarannya seperti itu dah. Eh.. itu coklat apa permen yah.. entahlah... mungkin permen coklat.

Udah gitu aja di Marseille (lagi2 bacanya: marseiyu).
Rencana nya setelah itu kami ke Monte Carlo, Monako. Tapi karena ada masalah yang menurut gw aneh, kapal Peaceboat kaga bisa berlabuh di pelabuhan Monte Carlo. Masalahnya adalah tug boat yang bertugas memandu kapal pesiar untuk masuk dan parkir di pelabuhan rusak. Jadi ga ada yang bisa mandu Peace Boat. Yang aneh adalah masak tug boat nya cuma 1 sih. Monako kan negara kaya. Aneh....
Tapi cerita nya ga mengecewakan buat gw. Selain karena sebelumnya gw dah pernah ke Monako, jadi ga terlalu antusias juga ke sana, ternyata tempat penggantinya lebih keren menurut gw. Segimana keren nya, liat aja poto2nya. Mhm.. maap, mungkin potonya ga keren, tapi percaya deh, kalo liat langsung, Villefranche-sur-mer ini keren banget!!!! Menurut gw Peace Boat harus dateng ke sini lagi.
Di sini gw beruntung bisa turun. Karena sebenernya kru ga boleh turun. Buat ke daratan, tiap orang harus naik Tender Boat. Peace Boat ga bisa sampai pelabuhan. Jadi si Peace Boat ini buang jangkar sekitar 1KM dari pelabuhan dan nurunin penumpang pakai kapal yg lebih kecil (kapasitas sekitar 100 orang. Lihat deh poto di atas, Peace Boat lagi parkir, trus ada kapal kecil lagi menuju kemari, keliatan kecil banget kan kapalnya). Lalu selesai nurunin semua penumpang, Peace Boat harus pindah tempat karena kalo diem di situ ga aman. Lagi banyak angin katanya. Trus kenapa gw bisa, karena gw lagi-lagi ditugasin buat ngecekin bus2 di parkiran.

Tadinya gw berpikir, selesai ngecekin bus, gw bakal dibawa balik lagi ke Peace Boat pakai Tender Boat. Ternyata gw harus stand by di parkiran sampe jam 11 dan Peace Boat udah ngungsi dari jam 9an. Jadinya tinggal gw sendirian deh kru yang terdampar di sini.
Gw ga prepare apa2 sebelumnya. Gw cuma bawa tas berisi kamera dengan lensa tele. Gw niatnya mo bawa lensa kit gw, tapi lagi dipinjem temen. Jadi harus puas deh moto2 dengan range terbatas. Yang parahnya gw ga bawa duit, hape dan jam. Jadi gw ga bisa ngecek jam kapan harus balik buat naek Tender Boat. Jadwalnya sih jam 3 Tender Boat mulai beroperasi mengangkut penumpang ke Peace Boat. Untung nya ada staff Peace Boat baik hati yang minjemin gw 30 Euro dan di kamera gw bisa liat jam. Jadi gw set jam di kamera kek waktu setempat.

Setelah urusan dengan bus selesai, gw diajak nemenin staff Japan Grace untuk urusan tour namanya Karaki Mine untuk makan. Katanya dia belum sarapan. Gw oke-in aja, lagian gw juga ga ada kerjaan sampe jam 3. Lalu kami jalan menyusuri jalan dipinggir laut mencari restoran. Tiba lah kami Brasserie. Di sana pelayan nya unik. Mine-san nanya ada sandwich ato ga, pelayan nya malah bilang, sandwich di sini ga enak, mendingan ga usah pesan itu. Trus Mine-san tanya lagi, trus ada makanan apa yang enak. Pelayan nya malah bingung. Dia jawab dengan jujur kalo ga ada makanan enak di sini, biasanya pelanggan cuma minum2 aja di sini. Yah salah pilih tempat makan nih kami pikir. Tapi karena Mine-san dah laper, akhirnya si pelayan menawarkan Tiramisu. Wah.. gw lupa harusnya gw masukin poto pelayan sama Mine-san yak.. nanti deh gw update lagi kalo inget. hehe..
Di bawah ini Tiramisu dan kopi di Brasserie. Tiramisu nya enak banget. Manis dan sangat cocok dengan kopi pahitnya. Kopinya enak tapi dikit banget.

Selesai makan dan ngopi yang ditraktir Mine-san, gw pamit buat jalan2 sendiri moto2. Ini deh poto2 sekitar Villefranche-sur-mer.

Oiya mengenai namanya, harusnya udah ada gambaran yah. Villefranche kan artinya Ville di France, kota di Perancis. Trus sur-mer itu menurut cerita dari Mine-san artinya sepanjang pantai (laut). Dan sur-mer ini dipasangkan ke setiap kota yang menghadap ke laut termasuk Villefranche ini. Jadi Villefranche-sur-mer = Kota di Perancis yang menghadap ke laut. Makanya ga heran bakal  banyak poto2 di sini yang ada lautnya.

Perumahan di sini dempet2. Banyak gang-gang. Dan sepertinya tiap orang yang punya mobil harus parkir mobilnya agak jauh dari rumah. Karena gw peratiin, kebanyakan rumahnya juga kecil2, rapet menjulang tinggi.

Ada satu rumah yang menarik perhatian gw. Di jendelanya dijepitin jepitan jemuran warna-warni. Hehe....

Sama seperti tempat gw nemenin Mine-san sarapan, jalanan yang menghadap ke laut, banyak banget restoran2 tempat orang2 nongkrong. Nyaman banget nih tempatnya. Gw bingung, kok bisa yah ga macet padahal jalanannya sempit. Mungkin ada jalan utama lain kali di atas yah, jadi jarang ada kendaraan lalu lalang di sini.

Di bawah ini suasana ketika jam sudah menunjukan pukul 3 sore. Para penumpang Peace Boat dah mulai ngantri mo naek Tender Boat. Kabar buruknya, karena Peace Boat harus persiapan macem2 dulu, Tender Boat ga mulai bergerak meski udah pukul 3 lewat. Banyak dah bapak2 tamu yang marah2.. hehe...

Pas operasi ngangkut tamu naek Tender Boat pulang, gw ga banyak diperlukan. Saat ada kesempatan buat pulang, gw langsung cabut pulang naek Tender Boat bareng tamu. Hehehe.... Selesai deh acara muter2 di Villefranche.
Berikut ini tambahan beberapa poto bunga, lampu2 dan orang2 yang gw temuin.

Nenek ini udah umur 80an tahun dan masih kelihatan seger... hehe... Hebat yah.. Pola hidup dia pasti sehat banget nih...

Ada setengah lebih poto yang watermark nya gw tulis Villefranches. Hehe.. gw salah tuh, setelah ngedit2 sampe setengah lebih, gw baru ngeh kalo pengejaan nama kota ini salah. Baru deh gw benerin.. hehe... Ok deh, segini aja poto2 di sana.
Sekian...

1. pertama baca bagian ini.. g ketawa ngakak.. hahahaha.. ulah lo msh sama aja.. "dodo" bangetttt dahh..

pas baca2 kebawahnya.. hmmm.. spt yg lo bilang, kurang seruu mungkin lebih seru kalo liat langsung.. tp ada hal2 yg mungkin kadang ga kepikiran sm org2 tp lo bs liat itu.. kyk potoin jendela2 yg byk jepitan baju warna warni.. foto pasangan kakek-nenek.. hal2 kecil yg kadang itu bisa membuat jadi indah..

^^,

2. Asyiknyaaaa....
    fotonya cantik-cantik :)

3. bunganya cakep bener!! hehee.. nice pics...

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...