banner

Wednesday, March 6, 2013

Keliling Dunia ke-6 : Xiamen, China

Perjalanan The Oceanic berakhir di 75. Setelah itu Peace Boat memakai kapal yang lebih muda walaupun bukan kapal baru, Ocean Dream. Perjalanan Peace Boat ke 76 ini bermula dari Yokohama lalu singgah ke Xiamen (Amoy), China.
Xiamen ini kota yang besar. Tapi kami hanya punya waktu yang cukup untuk jalan2 di sekitar pelabuhan.
Jadi karena waktu singkat, gw bersama kedua kawan di bawah ini berencana makan, belanja lalu pulang. Tapi karena gw lagi seneng2nya moto, gw sih yang penting poto2 aja walau asal2.

Inge dan Rudi
Sebagai salah satu kota besar dari negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, kota yang punya panggilan Amoy ini juga ramai dengan orang2. Kali ini gw banyak moto orang2 di jalanan. Entah itu lagi jalan, ato nongkrong2 aja di pinggiran. Kalo gw pikir2 ini mirip di Priuk. Hehe... mungkin karena sama deket pelabuhan.


Bocah di gambar di atas ini rajin banget. Ngeliat ada beton yang tidak seharusnya di jalanan, dia berusaha memindahkannya ke pinggiran.

Di dekat tempat makan hidangan laut yang terkenal di antara awak kapal, kami bertemu kawan lagi. Sayang sekali ternyata tempat makan tersebut tutup, sehingga kami mencari alternatif makanan yang lain.
Lagi nyari2 tempat makan yang kelihatan enak, Dior terlihat lagi godain ibu2. Hehehe, ternyata Dior cuma mau beli kue semacam bakpia.

Mhm... ternyata kue nya enak loh
Inge nyobain beli air tebu. Mirip banget sama yang ada di Indonesia.
Kalau Inge sama Rudi, semangatnya beli buah2an.
Kalo gw liat2 kawasan ini emang ga jauh beda sama daerah di Indonesia.



Ibu ini bawaan nya gede banget. Sepertinya dia lagi mo mudik.
Seperti poto cewe bawa payung di bawah ini, kalo gw perhatiin, semua cewe yang gw poto kok pada buang muka ke kiri yah.. Malu karena gw poto, malu karena ketampanan gw, ato emang lagi nyari orang aja di sebelah kiri mereka...



Daerah ini juga banyak rumah2 tinggi. Saking padetnya di tempat kali yak.. Jakarta juga dah banyak nih rumah2 vertikal kayak gini.

Lagi nyari2 makanan, kami ngeliat tukang mie yang ada label halal. Tanpa pikir panjang, kami masuk buat makan di sini.
Sempet nyesel juga milih tempat ini jadi tempat makan siang kami, bocah pemilik nya malah buang air tepat di depan kedai. Bukan di WC, semak2 ataupun selokan, tapi benar2 di depan pintu masuk. Hahahaha... kacau emang nih kota.... Udah biasa kali kayak gini yah.. sebagai pengganti kucing melambai, buat mengundang pelanggan masuk.
Bokap nya pun ga marah2... Malah dipeluk sambil memperlihatkan perut anaknya kelihatan.
Ibunya juga cuek aja tetap melayani pembeli. Karena pembeli itu raja, harus dilayani lebih dahulu. Anaknya kencing di pintu masuk biarkan saja.. Hehehe....
Melihat menu, sebenarnya kami bingung mau pesan apa. Berbekal tulisan kanji yang kami pelajari yang ada mirip2nya dengan tulisan China dan berbekal otak cerdas dari Inge, akhirnya kami berhasil memesan makanan yang tepat. Kelihatan biasa aja kan makanannya.... Salah, makanan ini enak walaupun halal.. Hehehe...
Lihat saja, selain kami setidaknya ada 4 orang pelanggan lain yang ikut makan. Seorang ibu dengan anaknya, Mark dari negara tetangga Indonesia di sebelah utara dan Oko penari dari pulang di sebelah timur Jawa.
Hehehe.. sebenarnya Mark dan Oko, kawan kami juga dari kapal.

Selesai makan kami bergegas pulang, kami waktu kami tidak banyak, gw harus gantian dengan Alpin sedangkan yang lain harus segera bekerja. Di perjalanan pulang, gw ngeliat bocah2 lucu. jadi poto2 dulu deh. Sebenernya Inge sempat menanyakan nama bocah tersebut dengan bahasa setempat, tapi gw lupa...
Bocah ini lagi nemenin papa nya main kartu sama paman2 nya..
Kami juga bertemu dengan Sato dan Noni yang lagi jalan2 naik sepeda. Hehe.. Mereka baru aja menikah tgl 23 bulan lalu loh.. Hehehe... Selamat buat mereka!!

4 comments:

  1. nice bro... visit me back yaw
    http://melajah182.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. aaaaaah jadi kangen sama China :(

    ReplyDelete
  3. Senang nya kalian bisa berkeliling dunia. Salut ama anak kecil yg minggirin beton :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada seneng nya juga tapi kurang bebas.. pengen ngerasain kek oom yang sepertinya bebas...

      Delete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...