banner

Saturday, September 21, 2013

Festival

Pas kapal Peace Boat berlabuh di suatu kota, kadang suka diadain festival. Selama gw kerja di sini, gw pernah liat ada festival kerjasama Jepang-Venezuela di La Guaira, festival buat nyambut Peace Boat di Korinto (Nikaragua), festival gulat di Ensenada (Meksiko), dan festival Reggae di Montego Bay (Jamaika). Udah beberapa kali gw ke Manzanillo (beberapa post yang ada manzanillonya: 1 dan 2), baru kali ini ada festival di sini. Engga tahu dalam rangka apa mereka ngadain acara ini. Yang gw tahu bbrp hari lalu adalah hari kemerdekaan Meksiko. Mungkin ada kaitannya juga sama itu.

Daerah sekeliling pelabuhan jadi rame banget. Ada tenda2 bazar jualan benda2 khas Meksiko, kerajinan tangan, makanan khas sini, cinderamata, dll (hehehe... gw ga tahu mo nyebut apa lagi). Ada juga hiburan2 anak2 persis kek di pasar malam di Indonesia. Ada komedi puter, odong2 dengan berbagai bentuk mulai dari motor2an sampe UFO2an, dan lain2 lagi gw ga muterin semuanya karena ga tertarik. Nah poto kali ini gw mo berbagi salah satu kegiatan Peace Boat tiap berlabuh. Namanya juga Peace Boat, mereka suka menyuarakan perdamaian. Ada banyak bentuknya. Persamaan hak wanita dan ngumpulin anak2 muda Palestina-Israel buat berdiskusi adalah 2 contoh yang gw inget. Gw ga gitu ngikutin karena gw cuma kru biasa... hehehe... Tapi yang gw suka mereka sering ngajak pembicara Hibakusha (被爆者 - Korban bom nuklir Hiroshima dan Nagasaki yang selamat) buat ngebagiin kisah hidup mereka ke penumpang kapal, juga ke warga2 kota yang Peace Boat kunjungi. Tujuannya biar seluruh dunia tahu kisah sedih mereka dan 'ngeh' terhadap dampak buruk nuklir. Setahu gw Peace Boat ini salah satu organisasi yang menentang penggunaan nuklir.

Balik lagi ke poto hari ini. Di panggung ini lah pembicara2 ngomongin soal nuklir. Gw lihat banyak juga warga lokal yang dateng trus duduk manis. Walo yang ngomong ada orang Jepangnya, warga2 ini ga perlu kuatir karena ada staff Peace Boat manis yang bakal terjemahin ke bahasa Spanyol. Hehehe... Kenapa gw bilang manis, karena penerjemah ini orang Jepang yang pernah ditaksir temen gw.. wkwkwkwk....

3 comments:

  1. Keren bgt tuh misinya.. Bisa yah orang2 muda palestine-israel duduk bareng buat diskusi? Atau krn media Indonesia aja yg "lebay" sampe keknya dipikiran gw itu gak mungkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw lebay2 amat juga sih.. mereka orang2 yang ikut acaranya Peace Boat ini juga pada diem2 jangan sampe ketahuan orang2 rumah katanya. Bahkan kami kru yang suka poto2 dibilangin jangan upload poto2 yang ada muka pemuda/i ini ke media sosial. Takut ada yang kenalin dan bisa membahayakan mereka. Agak berlebihan sih, tapi daripada celaka, mending jaga2..

      Delete
  2. lhaaa...disono ada odong2 juga do? wakakka, lucu aja

    ReplyDelete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...