banner

Saturday, September 14, 2013

Terusan Panama

Terusan Panama ini keren banget. Terusan ini yang nyambungin Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Sama kek Terusan Suez, terusan ini sangat menghemat waktu orang2 yang pengen berlayar menyebrang benua. Mereka yang dari Amerika misalnya New York, ga perlu lagi muterin Amerika Selatan kalo cuma pengen ke Easter Island. Sejak ada terusan ini sejak 1914, mereka tinggal ambil jalur Laut Karibia, masuk terusan Panama ini, keluar di Samudra Pasifik, ga lama nyampe deh di tujuan. Hari ini Peace Boat nglewatin terusan ini, jadi ga asik kalo ga post poto di sini. Poto ini adalah bagian awal terusan dari arah Laut Karibia. Gw poto dari bagian belakang kapal.

Berbeda sama Terusan Suez, Terusan Panama ini kek tangga. Hal ini dikarenakan kami harus melewati Danau Gatun yang berada 26 meter di atas permukaan laut. Nah, gimana caranya kapal pesiar naek tangga? Ga mungkin kan kapal berlayar nanjak... Untung Tuhan kasih kecerdasan ke umat manusia. Maka terciptalah bilik2 berisi air yang bisa diisi dan dikosongkan buat naikin dan turunin kapal. Ah gw ga jago ngejelasin.. Gw yakin dulu pada belajar ttg terusan ini di SMP/SLTP. Untuk gambarannya bisa liat diagram yang gw sken dari brosur yang dibagiin gratis oleh Panama Canal Authority. Kalo gambarnya kekecilan, klik aja biar gedean diki, kalo gambarnya ada yang salah, jangan salahin gw, gw cuma nyeken...


3 comments:

  1. Replies
    1. iya... ini kalo liat di skenan brosur, bagian "locks" nya atau bilik2 air nya... bagian buat naikin/turunin kapal pake air.. nanti kalo dah lewatin bagian ini jadi lebar lagi.. Danau nya lebar kok..

      Delete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...