banner

Monday, October 28, 2013

Review: Lontang Lantung

Buset udah lama banget gw ga posting… Udah 35 hari gw lewatin tanpa posting satupun poto ato cerita di sini. Bahkan kalo bukan karena email dari teman yang ingetin posting, mungkin gw masih ga bakal mulai nulis. Bukan hal yang aneh sih, gw pernah lebih lama mentelantarkan blog ini. Hehehe...

Sebenernya banyak hal yang dah gw lewatin setelah postingan terakhir. Perjalanan bareng Peace Boat yang ke 80 dah kelar, bahkan short Cruise bareng penumpang Korea pun dah kelar. Malahan sekarang udah mo masuk dock dan sebulan lagi gw pulang. Tapi bukan akhir perjalanan 80 yang mo gw certain. Bukan pula perjalanan krus pendek yang cuma 10 hari bareng cewe2 Korea Selatan yang mo gw pamerin. Melainkan gw mo review buku terakhir yang gw baca di kapal.



Buku terbitan Bukune ini gw minta temen bawain dari Indonesia, ga lama setelah dikeluarin di pasaran. Seperti kalian tahu, beberapa minggu lalu, gw lagi rajin2 banget ng-blog. Hampir setiap hari gw posting. Ga cuma itu, gw juga rajin jalan2 ke blog orang, dan ada 1 blogger dari banyak yang gw suka ngedaur ulang bukunya yang lama. Bukan… bukan… gw suka bloggernya bukan berarti gw suka orangnya… Gw suka sama tulisan2 dia di blog, cara dia bercerita di blog tuh asik. Ga Cuma lucu2an melulu tapi selalu ada pesan bijak disetiap tulisan dia. Kemasannya selalu menarik. Trus gw jadi penasaran kek gimana sih dia kalo bercerita di buku. Mangkanya pas ada temen mo naik kapal tanggal 16 Oktober lalu, gw yang biasanya minta nitip bawain makanan khas Indonesia, gw ganti sama buku.

Ok, sekarang gw review bukunya. Gw belom pernah review buku sebelumnya, jadi gw tulis aja seadanya dan sesuka gw yah…. Tulisan ini mungkin bakal subjektif banget jadi kalo ga setuju, jangan marah yah… Apalagi kalo penulisnya baca, jangan tersinggung yah…

Harganya kalo ga salah 40rb-an, karena temen gw baik, dia ga mau gw ganti duit. Jadi gw anggep gratis… Yeay… dapet buku gratisan. Jumlah halamannya: karena gw males ngitungin lembar per lembar, jadi gw liat aja halaman terakhir yang ada angkanya yah. Di situ tertulis 239 halaman, di tambah halaman di awal2 dari i sampai x.

Dengan harga 0 rupiah, apa aja yang gw dapet? Buku dengan cover bagus. Desainnya gw suka, bahannya bagus, cetakannya ada timbul2nya lagi... Untuk harga segitu, udah mewah lah menurut gw.. Hehehe… gw norak yak… Gw juga dapet bonus pembatas buku. Tapi sayang pembatas bukunya kecil menurut gw. Sering keselip di bawah kasur, jadi gw pake poto maisie aja buat batasin. Pembatas buku dari poto itu efektif. Ukurannya pas, ga gampang ilang dan ga kegedean sehingga ga ngganggu. Apalagi pake poto pacar, pasti betah ngeliatnya…. Eh, malah ga jadi baca buku yak kalo gitu… hehehe…. Maap2 abaikan yang terakhir.

Di buku tulisan Roy Saputra tentang pemuda bernama pasaran, Ari Budiman ini ada fitur2 yang menurut gw ga dimiliki oleh buku2 lain sejenis. Pertama, di buku ini ada footnote/ catatan kaki. Bukan kaki secara harafiah yah, tetapi maksudnya catatan kecil di bagian bawah halaman, yang ngejelasin kata atau kalimat di halaman tersebut. Menurut gw Roy jenius bikin fitur ini. Yang gw tahu catatan kaki gini ada di makalah2, buku pelajaran ato buku serius lainnya, bahkan yang sering gw tahu adanya di Alkitab. Gw ga abis pikir ngapain dia naro ginian di buku komedi. Ternyata buat ngomentarin tulisan2 dia sendiri. Di buku lain mah footnote buat ngejelasin hal2 yang ga dimengerti. Eh di sini malah buat ngomentari hal2 yang kadang ga penting. Ada suatu tulisan yang pas banget dikomentarin sama Roy. Tapi ada satu tulisan yang dia komentarin, gw malah ga ngerti. Hehehe… mungkin gw aja yang lemot.

Fitur kedua, ada komik strip nya. Gw ga tahu Roy dapet ide ttg komik2 ini dari mana. Bisa jadi ini semua komik ide sang illustratornya sendiri, Thoma. Entah kenapa gw ngrasa ga sreg sama komik2nya. Kenapa begitu? Karena banyak komik yang sepertinya tidak menjelaskan cerita dari Roy. Menurut gw tanpa komik2 itu pun cerita Roy tetep bisa diikutin pembaca. Ada yang lucu sih, tapi ada juga yang sadis.

Fitur ke3 itu tip. Buat pencari kerja macam gw. Tip2 nya Roy patut diinget. Sederhana sih tapi bagus. Ga banyak sih tip nya di buku ini, tapi gw rasa, tip2 ini perlu banget.

Wuih… ga kerasa udah panjang juga, padahal gw lom ngbahas isi tulisan Roy. Secara keseluruhan gw bilang buku ini baik. Sorry gw ga bisa bilang buku ini bagus banget. Secara penulisan, gw lebih suka tulisan Roy di blog nya. Seperti gw bilang, buku ini daur ulang dari buku Roy yang dulu, Luntang Lantung yang dibuat 2 tahun yang lalu (Cuma beda u dan o. Gw ga tahu kenapa dirubah dan apa bedanya). Gw ga baca sih buku sebelumnya, tapi menurut penulisnya, ada beberapa bagian yang direvisi supaya kontekstual dengan kondisi tahun ini. Joke2nya juga dipikirin lagi biar lebih terkini. Tapi menurut gw keknya Roy kebanyakan nyinggung sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Emang sih sinetron ini sempet hit bbrp waktu lalu, tapi nyinggung2 sinetron menurut gw joke model lama… Hehehe… ga tahu juga sih, gw ga nonton sinetron soalnya. 
 
Terlepas dari kritik gw yang emang terlalu detail. Gw rasa cerita tentang Ari Budiman ini asik. Ceritanya ringan, mudah diikutin karena nyata banget. Well, emang ga nyata2 banget sih… Masa bisa sih Ari Budiman ga ketahuan kalo………….... (ups, map kalo gw cerita nanti spoiler). Intinya walo cerita tentang Ari Budiman ada bagian yang berlebihannya, tapi menurut gw ga berlebih2an amat kok. Hal itu bisa terjadi sama siapa aja yang nekat. Tapi cuma bagian itu doang kok. Selebihnya nyata banget. Sangat dekat sama keseharian kita, yang sedang ato pernah cari kerja. Perasaan2 yang ingin dibagiin Roy, pasti dirasain juga sama pembaca buku ini. Dan seperti tulisan2 Roy di blog nya, selalu ada pesan moral yang pengan dia tularkan ke pembaca2nya... Apa itu? baca aja buku nya... hehehe....

Akhir kata, cerita Lontang Lantung ini gw rasa cocok dijadiin pilem komedi. Denger2 mo dibikin beneran loh...





Karena gw baik hati dan tidak sombong, pas gw meninggalkan kapal ini, gw berniat ninggalin 2 buku yang gw baca di kapal. Kedua2nya adalah tulisan blogger yang gw ikutin blog nya. Daripada gw simpen di lemari kamar gw nanti, dengan gw taro di sini, semoga karya2 mereka bisa dibaca lebih banyak orang lagi.

8 comments:

  1. tiba-tiba gw mo nulis buku biar buku gw bisa ada di library kapal pesiar... wakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... Masa alesannya itu... Ayo gih bikin buku.. nanti gw review suka2... hehehe....

      Delete
  2. mau bikin buku juga ahh....kayaknya lagi trend nih penulis buku terus ceritanya dibikin film ( ngayal tingkat tinggi....)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tertarik bikin buku juga? segera hubungi penerbit... Hehehe...

      Delete
  3. Ampe detik ini kok blm minat nulis buku #HalahNulisDiBlogAjaMales hahaha. Eh kalo balik indo jgn lupa nanti kita kopdar2 yeee hahaha #NgarepOleh2 hahah

    ReplyDelete
  4. Bikin buku ttg jalan2 narsis cocok bang....
    waduh bang... gw punya regulasi ga boleh bawa2 oleh2....

    ReplyDelete
  5. akhirnya nongol juga postingan lo do.. hahaah.. proyek 1 hari 1 fotonya kapan lagi nii,.

    seru yah bisa bikin buku. gue dari dulu cita2 pengen jadi novelist tp gak kesampean gegara nulisnya mood2an..hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen sih lanjutin proyeknya.. tapi lagi pas nih waktunya sekarang... Hehehe....
      Gw bikin review, tanggapannya beda sama yang gw bayangin.. Kirain pas baca review dari gw, jadi pada pengen baca nih buku, ga tahunya respon yg dtg malah ttg bikin buku.. Hehehe...
      Ayok lah rame2 bikin buku... segera hubungi penerbit.. ato kita terbitin rame2 aja? hehehe...

      Delete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...