banner

Saturday, December 7, 2013

Waktu di Kapal (1)

Udah seminggu sejak gw ninggalin kapal untuk yang terakhir kali. Ternyata walo ga ada kerjaan, gw berasa sibuk banget. Waktu jadi berasa mengalir begitu cepat. Tapi bukan seminggu ini aja yang berasa cepet. Gw pun ngrasa 3 tahun ini berasa cepet banget. Masih terekam jelas di kepala gw sabtu itu gw ketemu sama agen gw buat ngomongin kejelasan gw naik kapal. Waktu itu masih belom 100% tapi gw nekat ngelepas training gw di Adins yang harusnya udah mulai hari senin nya. Hehehe... Tepat 2 hari sebelum gw resmi menjadi bagian dari Adins, gw mengundurkan diri lalu minta balikin ijazah gw. Saat itu orang yang in charge kelompok training gw baik banget ngga mempermasalahkan keputusan gw saat itu yang emang ga bisa dinego lagi. Gw antusias banget pengen naik kapal, ngrasain nglihat dunia luar. Lalu apa yang gw alami selama 3 tahun memjadi pemegang Buku Pelaut Indonesia dan Buku Pelaut Panama? Itu yang mau gw bagi di postingan ini. Tapi gw bingung... hehehehe....


Ok, total gw dah ikut full voyage nya Peace Boat 70th, 71st, 73rd, 74th, 75th, 76th, 77th, 79th, 80th, 82nd dan 85th. Dari 9 perjalanan ini, 7 kali keliling dunia dan 2 kali krus pendek cuma sekitar Asia Timur. Kalo denger keliling dunia pasti rasanya wah banget kan... ga juga.. karena gw kelilingnya cuma numpang di kapal. Ga selalu bisa keluar jalan2 di tiap negara yang disinggahi. Kalo pun bisa keluar, waktunya ga banyak, yah paling cuma bisa menjelajah dan poto2 daerah deket pelabuhan aja. Beda lagi yang short-cruise Asia Timur itu. Gw sama sekali ga bisa keluar di Busan. Padahal udah 4 kali ke sana tapi ga pernah jalan2. Sibuk banget.

Dari 7 kali keliling dunia ini 6 kali keliling berlayar ke barat dan sekali ke timur (75th). Kebayang ga? jadi yang berlayar ke barat, maksudnya kapal bergerak keliling bumi ke barat. Misalnya dari Jepang dilanjutkan ke China, trus Singapore, India sampe Eropa, Amerika trus balik lagi ke Jepang. Nah kalo berlayar ke Timur, dari Jepang kami bertolak ke Amerika, Eropa, Asia lalu kembali ke Jepang. Perjalanan ke Timur ini cape karena setiap kami melewati zona waktu berbeda, kami harus nyocokin waktu nya. Dan karena kami ke Timur dimana matahari lebih dulu terbit, kami harus mengubah waktu lebih maju, yang artinya tiap ada perubahan, waktu tidur kami berkurang.

Udah 2 kapal yang gw naikin: Oceanic dan Ocean Dream. Pertama kali gw naik cruise 70th gw naik Oceanic. Terakhir dipakai pas cruise 75th. Cruise ini paling ga bisa dilupain banget. Awal kapal bertolak dari Jepang melewati Samudra Pasific menuju Kepulauan di Tahiti selama 2 minggu, mesin cetak koran rusak. Kerusakannya ga bisa kami benerin.. Bener2 dah ini mesin tua, akhirnya kami harus pakai mesin lain yang lebih tua dan ga ada stok tinta... Stok tinta habis, gw dan kawan harus cari cara biar mesin cetak tetep bisa dipake. Hasilnya kita gabungin 2 mesin cetak, yang satu buat bikin master, yang satu buat perbanyak. Tiap harus tetep dikontrol, kalo ga tambah parah rusaknya. Emang bikin hard-time...


Masalah2 ga kelar di situ sampai klimaksnya setelah melewati perairan Arab yang banyak bajak laut Somalia, entah karena mesin digeber buat kabur secepatnya sebelum ketahuan Jack Sparrow dkk, tiba2 mesin berhenti, kapal ga bisa jalan. Ga cuma ga bisa jalan, listrik juga mati. Kami terapung2 3 hari di perairan Hindia yang panas tanpa AC. Makan pun seadanya karena kompor yang pakai listrik ga bisa dipake. Menu makan kami saat itu hanya buah2an... Mesin mati pun ga cuma sekali. Setelah melewati Singapore, kapal kembali ngambek. Karena panas, gw sampe harus tidur d kru bar yang terbuka, kalo ujan minggat. Sementara teman lain ada yang tidur di dekat pendingin makanan.

Sampai dengan selamat di Jepang, kami para kru ga bisa istirahat tenang, karena dalam waktu yang sempit (kalo ga salah inget 2-3 hari) kami harus pindahan kapal. Oceanic harus dipensiunkan diganti ke kapal yang lebih baru Ocean Dream. Cape ngdata semua barang2 komputer dan lain2 buat dipindahin... Itu lah cruise 75th yang selain jam tidur berkurang tiap pindah zona waktu, masalah juga bejibun. Bikin temen gw trauma kalo mo berlayar ke Timur... Hehehe...

Ocean Dream pun bukannya ga ada masalah. Temen gw pernah ngalamin mati lampu. Waktu itu cruise 78th. Gw lagi ga naek kapal... Hahahaha... beruntung...

Mhm.. apalagi yah... kalo soal kapal mungkin itu aja yang bisa gw post... gw ga tahu mo post apalagi. Hehehe.. post kali ini bagian jelek2nya... yang bagus2 nya silahkan liat postingan2 sebelumnya... Soal kerjaan bareng orang Jepangnya gw post lain waktu.... (bersambung)

23 comments:

  1. wuih.. semacam chrisptoper columbus yah kelilingin dunia naik kapal hahahaa... keren. ditunggu sambungannya.

    ReplyDelete
  2. Asik bgt kayanya. Adventurous abis... deg2 ser memacu adrenaline tuh kaya gt.

    Btw kerja kaya gt applynya dimana??? Pake agent gt?

    ReplyDelete
  3. Mila: Iya sama2 naek kapal, beda nya Columbus jadi kapten, gw cuma jadi anak buah.. hehehe...

    Dewi: Gw dikenalin sama binus career waktu itu, tapi pas mo naek lewat agen buat ngurus2in...

    ReplyDelete
  4. akhirnya terjawab jugakk.. 7 kali bok! tapi emang gak asik juga ya kalo cuma di kapal doang, tapi lumayan lah do bisa keliling dunia gretongan..ahahah..

    ReplyDelete
  5. Asik bgt, kog skrg ga ad lagi... *gedor2 210*

    Btw d kapal jd apa?
    Kayanya seru tuh yg terombang ambing di kapal sambil ngehindarin bajak laut somalia.. *terlalu serius nton captain philips* btw, passport u abis dong keliling 7x?

    ReplyDelete
  6. loh.. sekarang sudah jadi ex pelaut Do ?

    ReplyDelete
  7. wah enak nih kerja sambil jalan2 yah mas

    ReplyDelete
  8. Wihhh.. 7x.. Mantap skali memang brur satu ini :D

    ReplyDelete
  9. Thea: iya... Ga rugi kok.. Hehehe.. Buat pengalaman... Hehehe...
    Dewi: apaan dah ga ada lagi? Kok tahu kabin gw dulu 210 d kapal? Yah, gw cuma jadi anak buah biasa aja... Org yg dsuruh apa aja... Hehehe... Wah ga seru itu.. Cape banget... Hehehe...
    Goiq: iya bang dah mantan... Hehehe..
    Jay: yah gitu deh... Tertarik? Kalo bisa bahasa jepang, kabarin gw... Hehehe....
    Aipy: ah itu cuma angka.. Ada yg lebih banyak jg kok.. Hehehe...

    ReplyDelete
  10. Enak yaah bekerja sambil jalan-jalan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak... tapi udah ga bisa lagi... hiks2.. skrg bakal dimulai idup gw jalan2 cari kerja.. hehehe

      Delete
  11. Serem banget gw liat ombak nya itu di foto ke 2. btw setelah ini mau gawe apaan kakak ???

    ReplyDelete
  12. Seru kan.. Itu gw dari lantai 10 loh.. Kamera gw jadi basah kena cipratan ombak nya..

    ReplyDelete
  13. Ceritain lebih lengkap donk, sepertinya menarik sekali pengalaman kamu selama di kapal. :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw kurang bisa cerita pake tulisan doang. Biasanya gw cerita lewat poto2 yg gw ambil. Tp sayang poto2 d kapal gw terhapus.. Jadi cerita2nya susah mo lanjut hehe, kalo mau liat2 aja dulu cerita2 sebelumnya... Hehehe...
      Terima kasih udh berkunjung..

      Delete
  14. Mas Jo, salam kenal, blogny baguss gambar2ny jg keren :D

    Boleh minta alamat emailny mas?karena saya ingin membicarakan lebih jauh soal 2 foto yg ada disini
    Kalau berkenan bisa menghubungi saya di: gartiria.hutami@gmail.com

    Trmksh sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Gartiria... terima kasih... alamat email sebenernya ada di halaman 'saya'. hehehe... alamatnya kalangitheraldo@gmail.com

      Delete
  15. wah uda berkali kali keliling dunia!!

    baru sekarang sempat ikutan comment juga nih, hehe...
    cruise 75 itu cruise tak terlupakan seumur hidup, menjadi cerita bersejarah yang akan diteruskan ke generasi selanjutnya, wkwkw

    btw cruise 81 sekarang, uda 3x blackout nih -_-

    ReplyDelete
  16. keren!!!

    april ini saya naik kapal peaceboat mas. wah, uda gak sabar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih.... Sukses yah mas.. Sayang kita ga bisa ketemu.. Hehe.. Salam aja buat kawan2 d sana...

      Delete
    2. nanti saya sampaikan mas..
      Minta saran dong mas, ini pertama kalinya saya berlayar,,hehehe

      Delete
    3. halo gan ,, dimana biar saya bisa apply di kapal peace boat,, saya cari di google tidak ketemu.
      saya bisa sedikit bahasa jepang>
      terima kasih

      Delete
  17. Agenya PT BSI bukan ya? Bahari Sakti International ya?
    Bayar berapa klo boleh tau?

    ReplyDelete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...