banner

Sunday, January 5, 2014

Pura Uluwatu dan Tari Kecak Berapi

Kalo ga salah gw pernah cerita kalo bulan lalu gw sama Maisie nemenin kawan2 seperjuangan di kapal maen2 di Indonesia.. Waktu di Jakarta kami ajak mereka shoping2 di Mall, di Bogor kami ajak mereka liat hewan di Taman Safari. Nah kalo di Bali berhubung ini pertama kalinya mereka ke sini, kami ajak ngliat tari Kecak.
Nonton Kecak yang terkenal di Bali gw tahunya di Pura Uluwatu. Rekomen banget! karena selain bisa lihat Pura, pemandangannya juga bagus. Konon salah satu spot terbaik di Bali buat lihat matahari terbenam. Sayangnya tiap gw ke sana mendung mulu. Jadi gw lom pernah nyaksiin langsung. Tapi kalo lihat pemandangan sebelum sore aja udah gini keren.. Gw percaya pas mataharinya masuk ke ufuk Barat, pasti keren banget.... Ups gw lupa poto puranya... Gpp lah yah.. pasti dah banyak yg share juga... Jadi liat2 aja di blog sebelah... hehehe....
Di sekitar pura ini banyak banget monyet. Jangan tertipu sama monyet2 ini. Walopun mereka terlihat menggemaskan gini di poto, mereka ini culas. Kalo kita lengah sama barang2 bawaan kita, dengan cepat dia bakal mencurinya. Gw dah 2 kali jadi saksi mata. Pertama topi kesayangan temen gw yang dirampas dari tangannya sendiri. Kedua sendal pengunjung lain yang lagi nyantai2, cuma beberapa detik doang lepas sandalnya langsung diembat. Seperti biasa ada nenek2 yang 'bantuin', tapi ujung2nya minta tebusan duit... hehehehe....
Tari Kecak biasanya dimulai jam 6 sore. Selama yang gw tahu, walaupun ujan, pertunjukan tetep berlangsung outdoor. Parah emang... Bayangin aja kita bakal ketutupan payung penonton kalo kebagian tempat di belakang... Kalopun dapet di depan, kita bakal nutup penonton laen.. Serba salah kan... Trus kalo ga hati2, ujung payung bisa nyolok penonton di samping... Parah, temen dari Jepang kami sampat beradu mulut sama penonton laen dari Jepang juga. Hahaha...
Manajemen nya kacau memang... Gw harap makin lama bisa makin baik nih ngurus pertunjukan ini. Sayang banget karena tarian nya sendiri menarik banget. Gw malah suka banget...... Gw ga merasa rugi bayar 70rb sambil ujan2an....
Gw ga usah ceritain detil ceritanya yah.... Liat aja poto2 berikut secara berurutan semoga ngerti alur nya... Kalo ga ngerti juga tanya aja mbah gugel... Hehehehe....
Hanoman ini tokoh favorit gw selain para penari2 yang bertelanjang dada dan teriak kecak2.... Walopun cerita ini tentang Rama dan Shinta, tapi Hanoman yang paling menarik perhatian. Rajin sekali Hanoman ini 'gangguin' penonton. Menghibur banget!!
Ga jarang dia muncul di sela2 bangku penonton dan minta dipoto.

Istrinya Opa ini, minta poto ini dikirim ke rumahnya di Jepang
Hanoman Jumpa Fans dari Jepang
Oma2 Jepang di poto ini seneng banget ketemu Hanoman..
Serasa ketemu Kenji pemeran Tokyo Love Story... Hehehe....
Tokoh laennya ada Rahwana yang bakal nyulik Shinta. Oh iya, karena tari kecak ini diadain tiap hari maka mereka punya 2 tim yang gantian tampil di Uluwatu ini.
Rahwana yang Jahat ini berhasil menculik Shinta
Hanoman diutus Rama buat bebasin Shinta
Tapi.. Hanoman kalah berantem sama anak buah Rahwana
Hanoman bakal dikurung dalam kobaran api
Dari keseluruhan pertunjukan, bagian main api ini yang paling gw suka. Gw kagum sama para penari telanjang dada yang konsisten teriak2 kecak. Tapi adegan ini lebih bikin gw kagum... Hanomannya keren....
Sangar!!!
Selesai nendang2 api sampai padam, Hanoman berhasil ngalahin Rahwana dan anak2 buahnya....
Shinta pun berhasil diselamatkan... Itu sudah... Hehehe..
Tamat...
Selesai nonton, kami dapat kesempatan buat poto bareng pemeran2nya....Meskipun ujan2an tetep rame yang mau poto bareng... Banyak yang pake tablet buat moto.. Gw yakin mereka pengen upload di linimasa.. Sama kek gw... Hehehe....
Bersama penari telanjang dada yang teriak2 kecak
Bareng salah satu penari entah siapa
Ga lupa bareng bintang malam itu... Hanoman
Poto bareng tanpa gw... Hehehe...
Kelar deh... Jujur, gw rada kesel karena di awal ujan, dan penyelenggara nya ga mikirin kenyamanan penonton. Tapi gw terhibur banget sama Hanoman dan kawan2... Gw harap ke depannya makin baik deh.. Kasian oma opa yang dari Jepang harus ujan2an nonton ginian... Mereka pada bawa payung sih, tapi kan tetep aja kedinginan... Semoga aja ga pada sakit.. Tour Guide yang nganter mereka gw lihat ngomel2 ke penyelenggara tarian ini. Pas sesi poto2 aja, oma-opa yang ikut tour langsung diminta langsung balik ke bus supaya ga lama2 kedinginan... Hehehe... Kasian...

4 comments:

  1. gw sudah beberapa kali ke Bali tapi malah belum pernah nonton tari Kecak :(

    ReplyDelete
  2. ternyata ujan-ujan api nya tetep nyala ya.. favorit aku juga hanoman-nya <3

    ReplyDelete
  3. Sama kaya mas goiq, ke bali tapi batal mulu nton kecak. Mw nton yg baru juga devdan

    ReplyDelete
  4. sama kayak arie, udah beberapa kali ke Bali, tapi belum kesampean nonton tari kecak. Kayaknya bagus yaa...tapi gila aja tuh nontonnya bikin emosi juga kalo kecolok payung gitu...hahahaa

    ReplyDelete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...