banner

Sunday, July 3, 2016

Kushiya Monogatari

Sejak post terakhir niatnya ga mo post makanan lagi. Niatnya mo ngpost tentang olah raga. Tapi 2 minggu belakangan ini emang ga ada olah raga nya. Niat lari pagi atau sore di weekend ga pernah terlaksana. Ada sih maen badminton bareng temen kantor lama. Tapi itu cuma bentar. Ga ada poto2nya lagi.

Jadi yah apa boleh buat. Daripada blog ini ga dilanjutin lagi. Daripada gw keburu males posting baru lagi. Dan berhubung awal liburan ini gw nyobain restoran baru. Gw post lagi tentang makanan deh.
Kushiya Monogatari (串屋物語), sesuai bentuk Kanji nya kushi (串) artinya tusuk sate, lalu ya (屋) bisa berarti penjual dan monogatari (物語) artinya cerita atau legenda. Jadi ada cerita apa dengan penjual tusuk sate ini dateng dari Jepang ke Indonesia? Gw ga tahu.

Menurut salah satu naskah yang gw baca di internet, Kushiya Monogatari ini udah ada di Aeon BSD sejak setahun yang lalu. Jadi emang gw telat banget nyobain ini. Trus pas liat papan namanya, restoran all-you-can-eat ini udah ada dari tahun 1997 yang belakangan gw tahu bahwa ini dari Osaka. Belakangan gw juga jadi tahu, restoran ini juga udah buka di Central Park, Tanjung Duren. Jadi yang tinggal di Jakarta ga perlu jauh2 ke luar kota buat nyobain. Kalo tempat tinggal gw kan emang deket nih ke Aeon BSD, ga sampe setengah jam lewat tol Jkt-BSD. Strategis kan apt nya. Hehehe... ngiklan...

Mirip dengan resto-resto Jepang yang udah ada lebih dulu, konsep makan di sini adalah masak sendiri. Di setiap meja tamu udah disiapin alat buat deep-fry lengkap dengan minyak yang udah dipanasin. Pelayannya juga nyiapin 2 jenis tepung biar hasil 'ngerebus' tusuk sate di minyak nya jadi gampang dan enak.


Ini pertama kali gw ke sini, dan gw rasa baru resto ini doang yang bikin konsep kek gini. Umumnya kan modelnya rebus2an dan bakar2an. Tapi buat yang pertama kali kek gw gini ga susah kok buat mengerti. Pelayannya dengan ramah jelasin apa aja yang harus kita lakukan di sana.
Nah ini dia penampakan masak ndiri nya.
Ambil bahan2 yang udah ditusuk2. Pilihannya banyak. Ada daging2 mentah, udang mentah, seafood olahan dan sayur. Bahkan ada taiyaki kecil yang ditusuk sate juga ada. Wkwkwk...


Selanjutnya lumurin dengan tepung, terus celupin ke penggorengan penuh minyak panas sampai mateng. Astaga... gw lupa motoin sate nya pas lagi di tepungin dan di goreng. Langsung hasil nya aja yah.. wkwkwk...

Makannya pakai saos dengan banyak pilihan rasa. Gw sih ga gitu ngerti. Gw cobain beberapa saos seperti saos teriyaki, kacang khas jepang dan lemon, tapi ga ada yang sreg. Menurut gw goreng2an gini cocoknya cuma satu. Saos sambal.. Hehehe... Dan anehnya, mereka siapin juga. Wkwkwk... Gw seneng makan di sini.

Senengnya bukan cuma karena goreng2an nya ini. Kushiya Monogatari ternyata bukan penjual sate biasa. Di sini ada banyak menu lain.

Seperti biasa, ada Miso Soup... Hehehe... Enak karena sayur nya banyak. Pas juga buat nemenin makan gorengan. Jadi ga seret karena ada kuah nya. Kalo seneng kuah2, selai Miso Soup ini ada Corn Soup juga.
 Terus ada Kare Jepang, lengkap dengan nasi nya juga. Untuk makanan beratnya, selain Kare ini ada Yakimeshi (Nasi goreng ala Jepang) yang kata temen gw enak. Kata gw sih engga. Nasi goreng mah mending makan di abang2 aja. Ada Spagetti juga, tapi ga gw cobain. Dan ada Okonomiyaki yang mayan enak.
 Yang paling gw suka ada Sushi roll nya juga. Ini gw makan banyak banget. Gw emang kelaperan waktu itu. Wkwkwk... Isi Sushi nya sih kebanyakan sayur2an gitu. Tapi lumayan lah, kan bisa makan sepuasnya. Hehe..



Selain makanan yang berat2, Kushiya Monogatari ini juga nyediain makanan ringan yang asik2 juga.
Ada Jeli2an dan buah. 
Ada Es krim coklat dan matcha dengan berbagai topping.
Dan ada aneka kue yang ditusuk lalu cocolin ke air mancur coklat. Chocolate Fondue.

Trus minumannya juga bervariasi. Mulai dari yang panas2 seperti Kopi dan Ocha, sampai yang dingin2 seperti teh tarik dan Ocha. Ga lupa ada soft drink juga seperti Coca Cola. Kalo mo bir, harus pesan terpisah.

Dengan harga 170rb IDR per orang (weekend), menurut gw sih ga rugi makan di sini. Selain karena pilihannya banyak, makanan nya juga enak. Gw makan banyak banget sampai kekenyangan. Gw makan jam 3 sore kurang dikit, sampe sekarang masih berasa kekenyangan. Padahal udah jam setengah 5 pagi. Hehe.. Iya gw nulis ini sambil nonton Perempat Final Euro 2016 antara Jerman - Italia. Udah adu penalti nih. Semoga Itali menang. hehehe...

Yah 170rb sih sebenernya udah banyak kalo mo cari kenyang dan enak aja. Karena makan di padang ga sampe 100rb juga udah kenyang dan enak.. Hehehe...

2 comments:

  1. kalo makanan padang 100rb udah kenyang trus tinggal makan udah dimasakin sama uda2nya, klo itu udah bayar 170rb disuruh masak sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iya nih.. Keknya gw harus minta duit gw balik...

      Eh tapi gw kan dibayarin. Ya udah iklasin aja deh..

      Delete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...