banner

Wednesday, January 29, 2014

Asiknya Naik Angkutan Umum

Beberapa minggu lalu, banyak blogger yang gw ikutin ngomongin cara traveling unik yang dilakukan bareng withlocals, sebuah grup di dunia maya yang ngajak para pecinta jalan2 di seluruh dunia buat jalan2 ga cuma mencari tujuan nya tapi juga menikmati kebersamaan bareng penduduk lokal daerah yang dikunjungi... Tujuannya baik menurut gw... Tapi sebenernya ga usah jauh2 buat ngalamin itu.... Ini yang gw rasain 2 minggu ini setelah gw diterima kerja di Jakarta.
Yup... sejak gw memutuskan berhenti melaut tahun lalu, gw ga perlu nunggu berbulan2 buat bisa kerja lagi.. Hehehe.. Tuhan emang baik... Dia tahu gw dah kere... Hehehe... Lalu apa yang gw nikmati? Selain pekerjaan nya yang emang gw suka, gw juga seneng banget bisa naik angkutan umum sebagai moda transportasi gw pergi dan pulang kerja.
Setiap hari, gw memulai perjalanan gw dari sini
Sekuriti nya selalu siap menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jasa kereta api
 Tiap hari gw naik Kereta, Metro Mini dan Trans Jakarta. Seru banget.... Gw merasa berbaur dengan ribuan pekerja Jadebotabek. Ada beberapa hal yang gw pelajari. Dulu waktu kuliah, gw males banget naek angkot, makanya gw ngekos deket Binus. Dulu trauma gara2 terjebak macet... Gw lebih milih motor dari pada bus. Tapi sekarang beda. Udah banyak perbaikan yang dilakukan para pengelola angkutan umum. Contohnya KAI, terlepas dari masih adanya kekurangan lain, tapi stasiun udah rapi, udah ga ada lagi yang naik2 ke atas gerbong, pintu juga udah ditutup kalo jalan dan ada gerbong khusus wanita. Keselamatan udah sangat diperhatikan. Tiap stasiun ada petugas keamanan juga yang jagain.
Gw inget banget dulu kereta ada kelas2nya... orang2 kaya pada naik yang AC sedangkan yang lain harus puas dengan kereta yang anginnya dari luar jendela dan pintu yang terbuka. Sekarang semua udah sama rata... Emang akhirnya yang kaya2 ada yang beralih ke kendaraan pribadi, tapi gpp lah.. Masak demi orang2 kaya itu, yang lain jadi repot... Sekarang semua kalangan (kecuali alay2 yang suka naek di atas gerbong) berbaur jadi satu di kereta... Akibatnya kereta sumpek banget. hahahaha..... Pertama kali naik kereta pas kerja, gw shock karena ga bisa naik saking penuh nya tuh kereta... Gw kudu nunggu 1 jam baru berani sumpek2an.... Akhirnya jadi telat ke kantor.

Gerbong khusus wanita selalu ada di awal dan akhir rangkaian
Setelah kegagalan di hari pertama kerja, gw jadi bertekat buat makin berani sempit2an... Hasilnya sampe sekarang gw ga pernah telat lagi. Gw pun udah menguasai cara naik dan turun kereta... Ga cuma itu, gw juga dah terbiasa sama metro mini dan trans jakarta.
Selama naik angkutan umum gw ketemu orang2 baik sesama komuter. Dan gw juga berusaha baik sama orang lain. Pas sempit2an itu berasa banget kebaikan sesama. Kami rela ga nyaman dengan sempit2an supaya orang lain bisa naik dan ga terlambat ke kantor. Ga jarang kami saling bantu naro barang bawaan seperti tas ke tempat yang disediakan. Pas lagi ada yang mo turun di stasiun selanjutnya kami rela memberikan tempat kami supaya orang lain bisa turun. Kalo lagi ada orang ga pegangan, trus karena kereta jalannya ga bener, kami ga langsung marah kalo ada yang jatuh nimpa kami. Semua dibawa santai. Pas gw naik kereta, ada aja orang2 yang suka ngobrol sambil ngelawak khas pesbuker...
Waktu naik metro mini juga gitu.. Gw ngeliat para pekerja di Jakarta ini baik2... Pernah suatu hari metro mini nya ga punya kenek. Tapi gw liat pemakai jasa metro mini taat bayar ongkos. Padahal menurut gw, bisa aja mereka kabur, tapi enggak... Mereka bakal samperin sopir di depan buat serahin duit. Bahkan gw yang duduk di depan, jadi bantuin sopirnya buat ambilin tuh duit2 dan ngasih kembalian jika perlu... Hehehe... Baik2 kan... Waktu pertama kali ke kantor naik angkot juga baik2 banget orang2 sekitar stasiun... gw nanya2 cara ke kantor dan mereka kasih tahu yang bener...
Nah... jadi ga perlu traveling jauh2 kan buat ngerasain kebaikan orang lokal, coba deh berbaur sesama orang lokal di sekeliling kita... Pasti banyak yang bisa dirasain. Hal ini yang gw ga rasain kalo naek motor... Yang ada gontok2an karena jalur kita diserobot.. hehehe...
Bareng keluarga asik juga loh naik kereta...
Mungkin yang gw ceritain ini hal sepele, dan bisa aja ada yang ga setuju, tapi jujur, itu yang gw rasain 2 minggu ini... Hehehe.. bisa aja karena emang gw lagi seneng ngalamin hal baru yang beda dari laut, makanya gw bisa hepi2 aja... mungkin nanti kalo dah lama gw jadi ga sabaran lagi naek angkutan umum... Tapi setidaknya kesan pertama ini baik... Maka nya gw share di blog ini semoga hal positif ini bisa dirasakan juga sama yang baca.. termasuk gw sendiri nanti bakal diingetin lagi enaknya naik angkutan umum... Itung2 ngurangin 1 pengemudi motor yang make bbm di jalanan yang dah sumpek..
Sendirian... hehehe....


Ada aja yang buang sampah sembarangan..... ck ck ck
Terakhir gw mo bagiin tips naik kendaraan umum:
1. Pake pakaian yang nyaman. Nyaman bukan buat diri sendiri doang tapi buat orang lain juga. Meskipun lo nyaman sama bau ketek lo sendiri, tapi pikirin juga orang lain. Bisa pingsan mereka nyuimnya... Kalo lo nyaman pake baju minim bahan, pikirin juga orang laen yang bisa jadi gerah ngeliatinnya...
2. Hapalin jalur yang dilewatin angkutan umum, supaya lo bisa siap2 turun jadi ga kelewatan.
3. Jangan cuma tahu satu cara pergi dan pulang. Pelajari juga alternatif angkutan lain ke tujuan yang sama. Ini penting kalo misalnya ada banjir, demo dsb yang bikin salah satu angkutan yang biasanya lo pake jadi ga bisa dipake.
4. Setiap sampai tujuan, langsung cuci tangan dan kalo bisa berkumur supaya lo ga sakit ketularan orang lain. Kalo perlu pake masker kalo lagi pilek ato ga enak badan.
5. Harus tenggang rasa dan sabar. Inget lo bukan satu2nya orang yang butuh buru2 ke kantor. Jangan sampe keegoisan kita merugikan orang lain.
6. Jangan mepet2 pergi kerja nya. Siapin waktu untuk hal2 yang tidak terduga, makanya berangkat lebih awal. Lebih baik datang kecepetan daripada terlambat kan...

Itu beberapa tips dari gw supaya perjalanan ke kantor kita menyenangkan.... Hati2 juga sama copet yah.... kalo ada yang mo nambahin silahkan tulis di komentar.... Gw seneng banget kalo ada yang komen... hehehe...


PS: maap yah poto2 kali ini kaga nyambung.... Karena gw ga mungkin ambil pas lagi berangkat kerja.. selalu rame ga enak poto2... Jadi poto2 di atas gw ambil hari Sabtu lalu jadi sepi.. Hehehe...

6 comments:

  1. wahh udah kerja nihhh...asik juga gak perlu nunggu lama2. Hmmm...keliatannya bagus yah keretanya do...nyaman juga sepertinya

    ReplyDelete
  2. Selamat ya sudah bekerja di daratan hahaha .. Kok aku jadi bayangin sperti di film2 yg tersesat di lautan tros kamu bahagia banget karena melihat daratan hahaha ..

    ReplyDelete
  3. dari rumah gw ke kantor itu nanggung, ga ada kereta lewat krn terlalu deket, tapi kalo naik angkutan musti ganti 3 kali + ojek yang kalo ditotal ongkos nya bisa dua kali lipat naik kendaraan pribadi. tapi lg nabung nih mau beli sepeda.

    ReplyDelete
  4. Mamie funky: iya mie puji Tuhan.. Keretanya nyaman kalo sepi.. Kalo rame mah pepes.... Hehehe...

    EHS: thx do... Haha bisa jadi.. Tinggal nunggu waktu gw kangen melaut lg yah... Hahaha.... Smoga engga deh...

    Mila said: wah kalo kantor deket mah gw mau bgt naek sepeda... Lucky you... Iya kalo naek angkot lebih repot mah mending naek kendaraan pribadi... Bike to work itu impian gw... Hehehehe....

    ReplyDelete
  5. baca tulisan ini, aku ngerasa Mas orangnya humble banget yah? down to earth... 0_o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... bisa aja bang nuel.. thx anyway...

      Delete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...