banner

Monday, August 5, 2013

Laut Arab

Sejak kemarin jendela2 di kapal mulai ditutupi gorden supaya ga ada cahaya dari dalam kapal yang memancar keluar di malam hari. Hal ini dilakukan supaya pas malem2 kita ga kedeteksi sama kapal2 kecil di sekitar sini. Kenapa? Karena bentar lagi kapal bakal masuk ke perairan yang paling berbahaya di dunia, Laut Arab.

Dulu sebelum gw naik ke kapal ini, ada cerita kalo Peace Boat (masih pake kapal Oceanic) sempet diserang oleh Pirates of Somalian, alias bajak laut Somalia.


Waktu itu para perwira, awak kapal dan penumpang belom tahu harus ngapain menghadapi situasi kayak gini. Selama ini mereka (karena waktu itu gw lom ada) tahunya kalo ada emergency harus ngumpul di Muster Station. Jadilah berdasarkan inisiatip sendiri sang perwira bernama sebut saja Berta (bukan nama samaran, hehe... bodo amat, dia ga bakal baca lah.. baca juga kaga ngerti), ngumuming lewat toa bahwa semua penumpang dan kru harus pake life jacket lalu ngumpul di muster station masing2. Perlu diketahui, saat itu muster station di Oceanic itu merupakan tempat terbuka.

Paniklah para kru dan penumpang... Buru2 ngambil jaket keselamatan lalu ke dek terbuka. Ada temen yang denger suara tembakan, tambah panik. Ada juga kru yang cerita ngeliat penumpang lari2 keluar kabin ga pake celana karena dia lagi boker ketika mendengar pengumuman. Gw ngebayangin nya pasti chaos banget situasi saat itu. Tapi untunglah kapal mereka saat itu berhasil kabur. Oceanic ngacir dengan ngebut zigzag di atas air. Hal ini menyulitkan perompak yang menggunakan kapal kecil karena gelombang yang dibuat Oceanic pas zigzag bikin kapal kecil ga bisa ngebut. Boro2 ngebut, mo seimbang biar ga kebalik juga dah susah buat mereka.

Sejak kejadian 3 tahun lalu itu, setiap kali kami melewati Laut Arab, selalu ada drill untuk ngajarin penumpang dan kru lain bagaimana menghadapi pembajak. Drill diawali dengan kode 'Bravo Tango diikuti this is a drill 3x' yang diucapkan perwira di anjungan kapal melalui pengeras suara. Mendengar kode itu semua orang harus masuk kamar masing2, konci pintu lalu nunggu perintah selanjutnya. Waktu nunggu, kita harus menghindari jendela. Supaya pas perompak nembak2in jendela, kemungkinan kena nya kecil. Pas malem, kita dilarang keluar. Kapal bakal dibuat gelap sebisa mungkin, untuk menyulitkan perompak ngeliat dan mentarget kapal ini pas malam hari. Terus ga cuma itu, beberapa hari lagi, kapal ini bakal konvoy dengan kapal2 lain lalu dijagain juga sama pasukan keamanannya Jepang. Biar aman sampai laut merah.

Selama gw kerja di sini sih gw baru 2 kali dengar Bravo Tango tanpa embel2 latihan di belakang nya. Pas denger itu gw cuma sembunyi di kantor yang kebetulan emang di tengah2 kapal. Kalo ada apa2 gw ngerasa lebih aman di kantor. Kalo di kamar ada jendelanya. Gw mikir kalo perompak masuk kamar gw lewat jendela gw gmn, jadi sandera duluan gw.. Kalo sama Sandera Dewi sih gw mau...

Ga lama setelah ngeluarin kode BT itu, kapal lari ngibrit goyang kiri goyang kanan. Sampe ada beberapa penumpang yang katanya pusing seasick.
Di kantor gw mulai berpikir gmn kalo perompak nya sampe masuk ke kapal, gmn gw cara nyelametin diri? kalo ga bisa selamat, di Somalia ada makanan enak ga ya? Kalo kami disandera, SBY mau tebus kami ga yah... Ato nanti ada TNI yang nyelametin kita.... 30 menitan mengkhayal, terdengar lagi pengumuman kalo kapal sudah aman. Lalu gw tanya2 ke orang deck, ternyata yang barusan bukan kapal perompak, tapi kapal2 nelayan. Hehehe...
Mudah2an kali ini kami juga selamat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...